Pages

15 July 2009

Langkah pertamaku di cyberspace.....

pagi ini buka web detik.com, ternyata ada pengumuman lomba nge-blog. So, kenapa tidak saya coba? Itung-itung berbagi pengalaman dengan sesama netters. 

Pertama kali ngenet sekitar tahun 1996. Waktu itu yang namanya internet bagai barang mewah bagi masyarakat biasa seperti saya. Jumlah ISP (Internet service provider) juga masih bisa dihitung dengan jari, itupun terpusat di Jakarta atau Surabaya. Kecepatan koneksi? Hehehehe, seingat saya waktu itu modem kebanyakan masih 9600 atau 14400 bps :D Bayangkan saja seberapa lambatnya jika koneksi seperti itu sekarang digunakan untuk ngebrowse web dengan content canggih semacam flash dan berisi beberapa banner plus teknologi AJAX. Bisa-bisa kelenger :)

Jadi kesan pertama waktu itu, berinternet itu menyenangkan tapi juga butuh kesabaran. Ya sabar karena koneksinya sendiri lambat, juga kalau line teleponnya putus. Whahahha, ini yang kadang bikin dongkol. Enak-enak download, telepon masuk, putuslah sudah koneksi. Waktu itu program semacam GetRight belum saya ketahui, jadi ya udah....ulang lagi.

Oh iya lupa, sebenernya saya ini sedikit "teracuni" kakak sepupu saya. Seingat saya dulu punya bisnis BBS (Bulletin Board System) di awal tahun 1990-an. Jangan tanya saya apa itu BBS, yang saya tahu, waktu itu saya diperkenalkan ama semacam layar chatting. Saya sendiri waktu itu coba-coba chat dengan kenalan kakak sepupu. Dari situ saya mikir "wah, hebat juga BBS. mungkin suatu saat gak cuma tulisan, tapi juga suara dan video bisa lewat koneksi semacam ini".  Sekarang kita lihat ini sudah jadi kenyataan. VoIP sudah mulai merakyat, video conference berbasis Internet juga banyak dipakai baik oleh perusahaan, pemerintah dan personal.

Begitu lihat layar browser, apa yang dicari? Untungnya search engine seperti Yahoo sudah exist, jadi yang dicari website soal game. Loh? Maklum pecandu game (bahkan sampai sekarang). Nyari move list karakter Mortal Kombat contohnya :)) Ya gimana lagi, waktu itu informasi semacam ini adanya di majalah game luar negeri, tapi gak kebeli. Jadi yang rada murah, ngenet dompleng fasilitas kampus. Tapi yang namanya fasilitas umum, antre nya luar biasa, hehehheheh. Jangan heran kalau kadang yang keluar cuma title halaman terus time out. Jadi ya retry lagi retry lagi.

Kalau soal chat, so pasti dicoba. Seingat saya waktu itu yang populer duluan IRC, baru Yahoo messenger. Apa hayo yang terkenal di IRC? Yup, channel #bawel di DALnet!!! :) Byeuhhhh, tuh channel bener-bener isinya orang yang kayaknya calon MC. Ada aja yang "diomelin". Belum lagi iklan dan quiz yang hilir mudik. Yang mojok? Jangan tanya :)))) Pasti ada, tapi soal ketemunya beda lawan jenis atau ternyata kena yang aspal (asli tapi palsu) ya mana tahu, wong namanya juga dunia maya

OK guys, that's my personal share today. Wanna share yours?