Pages

25 March 2005

Iklan dengan sentuhan bela diri

Ini dia topik omongan paling favorit gw....bela diri ! belakangan gw lihat ada dua iklan yang sangat bagus menampilkan koreografi:
1. Iklan Shampoo Clear
2. Iklan rokok Surya Pro

Kebetulan juga, dua duanya ini memakai gerakan-gerakan bela diri asal Brazil, namanya capoeira. Capoeira menurut sejarahnya diciptakan oleh budak-budak di Brazil pada jaman penjajahan Portugis. Karena tangan mereka diraintai erat, maka diciptakanlah gerakan menyerang dan bertahan yang mengandalkan gerakan kaki dan bertumpu pada tangan pada beberapa variasi gerakan.

Jika loe pernah lihat tae kwon do dan merasa udah kagum ama tendangannya, maka pastikan lihat gerakan capoeira di 2 iklan itu dan loe bakal menyadari ternyata badan manusia bisa melintir dan berputar dengan variasi tendangan yang hampir tak terbatas. Apalagi di iklan surya pro, perhatikan...ada teknik tendangan putar di udara yang sekaligus memutar dua kaki secara bersamaan. Teknik ini namanya cabecada (gw dikit dikit ingat dari istilah2x nya di game tekken, soalnya di tekken karakter gw pake ahli capoeira juga). Dilihat mungkin sekilas tidak butuh tenaga, tapi yang jelas kalo loe gak stretching dulu dan tiba2x coba gerakan ginian, pasti minimal loe malem2x pasang koyo cabe 10 biji di kaki ama pinggang loe :))))

Mungkin kalo soal art, capoeira ini cuma bisa ditandingi ama wushu (ini kungfu juga, cuma teknik yang udah distandartkan). yang gue ingat, iklan mastercard yang menampilkan Zhang Zi Yi. Zhang disitu pake teknik pedang yang lumayan bagus dan wire-fu nya lumayan juga, pretty smooth pergerakan. In short, terlihat natural. Sayang gak jelas siapa martial choreographer nya. Biasanya yang bisa level koreografi bagus gitu cuma dua orang, kalo gak master Yuen Wo Ping (koreografer trilogi Matrix, Kung Fu master, Taichi master), ya master Corey Yuen (saudara seperguruan jacky chan dan samo hung, handle koreografi XMen, romeo must die, craddle to the grave)

Tinggal satu yang kurang: kapan iklan yang secara apik menampilkan pencak silat? dulu kayaknya ada di iklan Dji Sam Soe, tp seperti minim banget gregetnya. Padahal kembangan silat itu secara pergerakan cukup bagus, terutama sapuan bawah dan pukulan pukulan jarak pendek.

Any comments people?

3 comments:

Erik Mann said...

Hi - I was looking for blogs about taekwondo and came across yours. Some interesting topics you discuss. In any case I have a taekwondo school in Dallas, TX. Keep up the great blogging.

klunxer said...

May be the Biskuat crackers advertisment that show a kid that could rolling on the air and it jump over more that at least two other kids. It shown on a pencak silat excercises. So, not to bad for our great heritage of martial arts. [I'm had join Merpati Putih within 1 years but get off when to busy with the school task]

adly_kerenz said...

capoeira mnurut gw th beda bgt dr yg laen,slaen gerakannya yg enak diliat n juga gerakanya mengalir, gak patah2 kyk bela diri laen..dan juga bela diri ini bermula dari bawah