Pages

09 September 2004

Bruce Lee, sang legeda.....

The legend continues.....

Pernah dengar nama Bruce Lee? Pernah menonton film yang dibintangi Bruce Lee? Atau ada pecinta bela diri yang berlatih bela diri yang dinamakan Jeet Kune Do...?

Jika salah satu jawabannya adalah "Ya"...maka hampir pasti anda mengenal sosok Bruce Lee. Berbadan atletis full muscle, bermuka Oriental, dengan ciri khas senjata double stick / nun chaku.....Inilah sang legenda dunia bela diri dan film action dunia.......meninggal pada tahun 1973..namanya masih dikenang sampai skrg sbg master bela diri sejati yang hampir semua filmnya menembus rekor box office dan sekaligus ahli bela diri pilih tanding yang tidak terkalahkan...

Disini, saya tidak membicarakan Bruce Lee sebagai ahli bela diri tapi sebagai orang yang berpandangan unik namun revolusioner dalam melihat kehidupan. Motto beliau "Using No Way as Way, Having No Limitation as limitation" benar2x merupakan cara pandang yang patut ditiru. Frase tersebut kalau diterjemahkan bebas kira2x begini "Tanpa jalan sebagai jalan, tidak memiliki batasan sebagai batasan". Suatu motto yang kira2x penjabarannya :

1. "Tanpa jalan sebagai jalan"

terdengar seperti filosofi "orang tanpa tujuan"? Bukan itu maksudnya. "Tanpa jalan" berarti "berjalan seirama dengan alam" atau dengan kata lain "hidup dengan fleksibel". Disini fleksibel tidak sama artinya dengan "membebek". Kita tetap punya prinsip dan pandangan hidup namun kita tidak kaku dalam menjalani hidup.

2. "Tidak memiliki batasan"

Jadi seperti superman? bukan...manusia jelas punya batasan (no doubt about it). Tidak memiliki batasan artinya tidak terkungkung suatu "dimensi". "Dimensi" ini bisa berupa cara pandang, pemikiran, paradigma, gaya hidup dst dst. Dengan berprinsip "tanpa batas", kita akan didorong untuk menyelami pemikiran, paradigma, tatanan dan hal2x lain di dunia ini yang pada akhirnya akan memperkaya pengetahuan diri kita

Knowledge is power !

regards

Mulyadi