20 September 2004

Kembali sejenak ke rumah......

Senin 20 September 2004, jam 2:00 AM

Here I sit again in front of my PC....on 2 o'clock in the morning. Yes, I return to my home...but just for 3 days. Gue nyampe disini sejak sabtu pagi...and guess what...it's good to be at home ! I CAN WORK AND EXPRESS MY THINKING 100% WITHOUT BARRIERS, OBSTACLE OR OTHER GRUELING THINGS ! Mungkin gue ini style seniman, istilah gue, seniman komputer.....gue bekerja purely on instinct and environment adalah guru gue.

So, what happen on the Army project? Ya gitulah.....still on development stage...early stage I mean. "Ngapain aja sih?"...wah susah diomongin di blog coi..soalnya ni project confidential. memang sih gak ada ancaman bakal digantung kalo gue bocorin, tp gw berusaha komit aja ama kerahasiaan project. "emang loe dibayar brp?" Ya pokoknya kira2x kalo dibeliin dawet, tuh dawet bisa loe pake cuci muka ampe muka loe yang gantian kayak dawet :D :-))))))))))))))))))

BTW, gw nge-POP3 e-mail2x gw di TelkomNet ama softhome...uah bejibun abis. openMosix, openSSI, UML devel, Beowulf, etc etc semua datang bagai hujan. Mana yang UML isinya dominan patch (kebanyakan dari si Paolo Gialarusson aka BlaisorBlade). Gw udah gak sempat pelajari patch2x ini, bisa meledak otak gue. Paling gw amati thread diskusi soal NPTL dan TLS di UML, masih muter2x gmn cara nambahin syscall2x NPTL...Jeff Dike kayaknya udah getting closer di solusi tapi kita lihat aja final resultnya.

OpenMosix akhirnya release 2.4.24-2....pheuw. Kernel udah 2.6.8-1 dan 2.4.27, ini openMosix masih di 2.4.24....FYI 2.4.24 ini udah officially dari kernel.org udah dirilis diatas 8 bulan. Belom kapok aja memang si Moshe ama gaya manajemennya, udah gue ingetin untuk lebih dekat ke komunitas, kayaknya nih orang bebal juga...

Gw di rumah like usual nerusin bbrp kerjaan nulis. Masih stuck untuk tulisan buat IBM DeveloperWorks....lagian si Andreas Schaefer masih vacation. berabe juga ....tp ya udahlah, si Andreas kayaknya perlu liburan juga, bisa panas tuh otak kalo terus2x-an oprek cluster openMosix

Oh ya, ada member baru di milis clustering gw. Dia nanyain soal buku. Nah, speaking about book, I plan to write one...guess what...about clustering ! Gw akan jadikan ini karya kolektif ilmuwan2x Indonesia.....so, semua putra terbaik bangsa ....mari sumbangkan pikiranmu di buku ini. 2005...akan gw start nih buku. Moga2x temen2x gw di team openMosix ama kenalan2x di openSSI mau ikutan nimbrung. "Loe kenal dari mana ama tuh orang?" Ya kenal-lah...emang org Indonesia gak bisa sejajar ama Amerika en Israel? Lagian ini jaman cyber, tinggal nyalain modem, konek ama e-mail or IRC, nyambung dah ama rekan2x di seluruh dunia. Karena gw merasa masih goblok, gw seringin diskusi ama mereka...dan mereka juga learn something dari gue, pretty fair and interesting, aren't they?

Senin malam, gw balik ke bandung lagi. Gw berharap kontribusi gw ampe detik2x terakhir akhir oktober 2004 akan berguna untuk project AD ini. Not sure how far I can help, but I know sooner or later I must finish it. Benernya, rada kasihan juga ama teman gw yang koordinator, tapi apa mau dikata...we have our own life. Lagian, udah pernah gue ingetin dia "gak salah nih terusan di project ginian? serba gak jelas, kerjaan serabutan......" Maksud gue, biar dia lebih mikir, apa bener kerjaan kayak gini itu harapan dia yang sebenarnya. "Kan loe sama aja mul, freelancer?" Sama memang, but I guess I have better control over my self.

Gue belakangan ngerasa persis kayak panuan kalo kerja under somebody's else supervising....kayak sapi perahan kayak nya kerja. Kalo ingat frase gini, jadi prihatin ama nasib buruh2x kelas bawah di Indonesia, hidup ditekan, gaji pas-pasan. Sama aja kayaknya nasib programmer ama tuh buruh, cuma kerenan dikit. Tapi apalah artinya keren...emang keren bisa bikin kenyang? Kalo gue --> "makan tuh keren...that means nothing." mending gw membela nama bangsa Indonesia lewat tulisan...soalnya ampe skrg masih aja gw lihat sikap meremehkan dari bangsa2x laen ke arah Indonesia. Saatnya bangsa ini mendorong putra putri terbaik bangsa untuk berkarya, bukannya sibuk ama kantong en perut en gendakan sendiri2x. Mau terus terlena, ya monggo aja, tp siap2x aja 2010 kita disalip Birma.....lha wong kita aja udah mulai dipepet Vietnam, apa gak dikit lagi Birma tuh?

About girls, I think I need to be more aggressive on Bandung. I must admit, bandung's girls are charming and sexy...they surely know how to do make up. Apalagi di akademi sekretaris...:D Sejenak lupa gua ama symbol2x en fungsi kernel :-)))))) diganti ama wajah2x menawan..ck ck ck :D :D Mana tinggi2x lagi...gile....170-an tingginya if I am not mistaken. Kalo gw punya sekretaris kayak ginian, bisa mupeng gw seharian :D :D Untung gw penulis, paling yang diliatin screen saver :D So, keep looking for girls....berteman dulu aja, entar soal jodoh, Gusti Allah akan arrange, sama seperti Tuhan menaruh gw di jalan hidup skrg ini...jalan hidup nyentrik bin aneh yang gw yakin gak semua orang tahan ama gaya hidup spt ini. Praise Lord for His Kindness !!

The conclusion today is: never give up on whatever you do, but think carefully on every step you take. You only life once..so use it on valuable thing. be like water .... so you can flow with the rhythm of nature.

2005, banyak rencana besar di kepala gue....one of them is the biggest challenge I ever face. Gw kira, inilah another milestone yang disiapkan Tuhan. Kalo gue mampu, artinya gw memang layak, kalo blom bisa, well, i need to step back for a while and learn again...But that's ok...I just need to do AT MY BEST and let God decide.

May peace be with us and my condolescence to all who die on Kuningan tragedy..we will remember you...

regards

Mulyadi Santosa aka "The Hydra"

No comments:

How to execute multiple commands directly as ssh argument?

 Perhaps sometimes you need to do this: ssh user@10.1.2.3 ls It is easy understand the above: run ls after getting into 10.1.2.3 via ssh. Pi...